Konten [Tampil]
Setelah berhasil memasang Google Analytics di blogspot, kini saatnya memasang Google Search Console. Google Search Console (GSC) merupakan tools yang tak kalah penting seperti Google Analytics bagi seorang blogger, loh moms.
Berbeda dengan Google Analytics yang bisa memberikan moms informasi bagaimana traffic blog dari berbagai channel organic (google), direct (blogwalking), media social, referral, dll, Google Search Console ini dapat memberikan informasi bagaimana kualitas blog moms di mata Google. Namun, kedua tools ini tetap saling berkaitan. Apa kaitannya? Yuk, sama-sama pahami. Pengertian dan Fungsi Google Search Console
Menurut developers Google, GSC merupakan alat yang dapat digunakan secara gratis dari Google untuk membantu pemilik situs memahami performa situs di google penulusuran (google search), dan dapat mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tampilan di penelusuran demi mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan ke situsnya.Google Sarch Console atau sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster, memiliki fungsi dan manfaat yang bisa kita dapatkan.
Fungsi Google Search Console
Menurut coach Marita ada 4 fungsi dari Google Search Console, yaitu:1. Melihat kinerja blog dari sisi SEO
2. Melihat Cakupan halaman yang terindex Google
3. Melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari
4. Inspeksi URL
Dari pengertian dan fungsinya, kita bisa mengetahui kaitan antara Google Analytics dan Google Search Console, yaitu statistik pada Google Analytics dapat digunakan atau dikaitkan untuk pengoptimalan pada Google Search Console.
Pengoptimalan ini nanti akan kita bahas melalui fitur-fitur Google Search Console. Namun sebelumnya, kita coba dulu yuk memasang Google Search Console untuk website kita.
Cara Memasang Google Search Console
1. Buka laman google search console melalui https://search.google.com/search-console/about atau bisa juga melalui dashboard blog pilih menu setting (setelan) pada bagian crawler dan indexing (crawler dan pengindeksan) klik Google Seacrh Console 2. Setelah muncul halaman utama google search console klik start now, masukan akun gmail, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah untuk memilih jenis property.
4. Kemudian muncul informasi kepemilikan diverifikasi otomatis. Agar lebih aman, kita lakukan verifikasi lainnya. Klik buka property.
Pada dashboard GSC, pilih setting lalu klik Ownership Verification (Verifikasi kepemilikan)
5. Terdapat 5 pilihan verifikasi, yaitu melalui HTML File, HTML Tag, Google Analytics, Google Tag Manager, Domain Name Provider. Yang akan kita coba hanya melalui HTML Tag dan Google Analytics ya, moms.
Akan muncul kode HTML Tag, klik copy. Lalu masuk ke dashboard blog, pilih theme, edit HTML.
Letakkan kode di bawah tulisan <head>. Kemudian kembali ke dashboard GSC, klik Verify.
HTML Tag Successfully verified.
Verif 2 : Klik Google Analytics
Masih ingat cara memasang Google Analytics? Pada saat memasang Google Analytics, jika tracking code sudah dimasukan pada edit HTML blog, maka moms langsung klik Verify.
Google Analytics Successfully verified.
6. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console. Caranya, masuk ke menu setting, pilih association. Kemudian pilih property UA Google Analytics yang akan dihubungkan. Klik continue. Kemudian klik tautkan.
GA dan GSC sudah terhubung. Nah, kita cek dashboard GA terlebih dahulu, apakah benar sudah terhubung?
Letakkan kode di bawah tulisan <head>. Kemudian kembali ke dashboard GSC, klik Verify.
HTML Tag Successfully verified.
Verif 2 : Klik Google Analytics
Masih ingat cara memasang Google Analytics? Pada saat memasang Google Analytics, jika tracking code sudah dimasukan pada edit HTML blog, maka moms langsung klik Verify.
Google Analytics Successfully verified.
6. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Google Analytics dan Google Search Console. Caranya, masuk ke menu setting, pilih association. Kemudian pilih property UA Google Analytics yang akan dihubungkan. Klik continue. Kemudian klik tautkan.
GA dan GSC sudah terhubung. Nah, kita cek dashboard GA terlebih dahulu, apakah benar sudah terhubung?
Masuk ke dashboard GA, pilih admin, pilih property settings, pada bagian Search Console klik Adjust Search Console.
Jjika tampilan seperti ganbar di atas artinya GA sudah terhubung dengan GSC.
7. Sudah selesai? Belum dooong.... langkah terakhir adalah setting sitemap. Masuk ke menu dashboard GSC, pilih sitemap. Pada kolom Add New Sitemap, di belakang URL blog masukan sitemap.xml, klik kirim.
GSC sudah terpasang dan siap digunakan. Namun untuk melihat trafficnya kita tunggu 24 jam dulu ya moms.
Manfaat Google Search Console berdasarkan Fiturnya
Berdasarkan fiturnya, banyak sekali manfaat Google Search Console untuk website kita. Kita bahas sedikit yuk, tentang fitur GSC.
Fitur Overview
Overview atau ringkasan merupakan fitur GSC yang memuat sekilas laporan GSC. Fitur terbaru pada bagian overview ini, ada Search Console Insight, fungsinya sama seperti insight pada instagram business. Begini kira-kira, tampilan Search Console Insight.
Fitur Performance
Fitur performance bisa memberikan kita informasi bagaimana kinerja website kita. Dari gambar di atas, terdapat grafik yang menunjukan total clicks, total impression, average CTR (CTR rata-rata), average position (posisi rata-rata).
- Total Klik adalah angka berapa kali blog kita diklik di halaman Google
- Total Tayangan adalah angka berapa kali blog kita ditayangkan di Google (atau terlihat oleh orang namun belum tentu diklik)
- CTR (Click Through Rate) yaitu angka persentase dari pembagian total klik dibagi total tayangan.
- Posisi rata-rata ialah angka posisi kita di search engine, tergantung dari jumlah queri yang ada di blog kita.
Pada fitur performance, banyak yang bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan website kita, diantaranya :
Menemukan Keyword Populer (Queries)
Dari sisi SEO, pasti moms paham dong kalau keyword adalah primadona sebuah artikel? Nah, Google Search Console bisa membantu moms untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan untuk menemukan website kita.Biasanya bisa dilihat Queries pada menu performance. Moms biaa tau deh, pada menu tersebut akan muncul informasi mengenai total munculnya website kita dari hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (pada kolom impression) dan berapa kali website kita diklik dari hasil pencarian tersebut (pada kolom CTR atau click through rate). Nah dari situlah moms bisa tahu mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website kita. Bisa kita analisis untuk melakukan riset keyword artikel selanjutnya.
Mengetahui Halaman Paling Populer (Pages)
Google Search Console memudahkan kita untuk mengidentifikasi halaman mana pada webiste kita yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kita bisa mengevaluasi konten-konten yang sudah diterbitkan dan melihat kinerja per-halaman di hasil pencarian melalui kata kunci apa saja.
Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung (Countries)
Pada menu Countries, Google Search Console membantu kita mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung webiste kita. Hal ini, bisa kita manfaatkan untuk menjangkau target audiens yang tepat.
Mengidentifikasi Perangkat yang Digunakan Pengunjung (Device)
Melalui fitur Device, kita bisa mengidentifikasi perangkat apa yang digunakan oleh pengunjung dalam berinterasi dengan website kita.
Fitur URL Inspection
URL Inpespection berfungsi untuk mempercepat proses indexing artikel blog. Bagaimana caranya?
Kita cek dulu nih, artikel kita apakah sudah terindeks google atau belum. Pilih URL Inspection , lalu masukan URL artikel kita. Nanti, akan muncul informasi apakah artikel tersebut sudah terindeks atau belum. Jika hasilnya seperti gambar di bawah, artinya artikel sudah terindeks Google.
Lalu, bagaimana jika belum terindeks?Fitur Sitemap
Pada saat memasang Google Search Console, moms sudah submit sitemap.xml bukan? Fitur ini membantu Google melakukan crawl pada website kita. Sehingga webiste kita dapat teridentifikasi lebih cepat oleh Google. XML Sitemap yang kita masukan berfungsi untuk memberi informasi kepada mesin pencari mengenai semua halaman yang ada pada website kita.
Dapat disimpulkan bahwa Google Search Console memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan webiste kita. Melalui Google Search Conosle kita bisa mengetahui kata kunci hingga kinerja webiste kita. Jadi, tools satu ini adalah tools wajib yang harus dipasang oleh seorang blogger. Yuk, segera daftarkan blog kita ke Google Search Console. 😊
Dengan GSC, performa blog jdi makin optimal ya mbaa
ReplyDeleteAku baru banget mempelajari google search console ini. Rupanya banyak manfaatnya. Biasanya banyak kucuekin wkwkk
ReplyDeleteAyo rajin dikulik breng yuk mba, aku belum rutin jga soalnya..
DeleteAku masih belajar cara baca GSC ini. Walopun belum ngerti tapi happy aja sih tiap kali liat grafik-grafiknya 😄
ReplyDeleteNoted mba. Bacanya kudu pelan2 nih
ReplyDelete