header mandadee

Peran Penting Yang Dimiliki Marketing Management Dalam Perusahaan

Post a Comment
Konten [Tampil]
marketing management

Marketing management atau yang lebih dikenal sebagai manajemen pemasaran merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling dibutuhkan dalam sebuah bisnis, apalagi dalam sebuah perusahaan berskala besar tentunya kebutuhan akan keahlian tersebut juga lebih besar lagi. Hal ini dikarenakan bidang tersebut menyangkut produk atau jasa sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat secara luas, bahkan juga akan mendorong penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.

Kegiatan ini nantinya bertugas untuk mengukur serta menganalisis strategis mengenai sebuah proses pemasaran yang ada di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Pada dasarnya ilmu yang satu ini memang sangat penting dibutuhkan dalam sebuah perusahaan jika ingin meraih tujuannya, yaitu profit atau keuntungan. Hanya saja tidak banyak tenaga ahlinya sehingga pastikan untuk belajar ilmunya terlebih dahulu yaitu dengan mengikuti program pelatihan. Momies tidak perlu khawatir mengingat pada dasarnya ada banyak pelatihan di bidang ini yang dapat diikuti.

Peran Marketing Management Bagi Perusahaan

peran marketing management bagi perusahaan
Manajemen pemasaran ini sendiri pada dasarnya memang mencakup banyak hal, sehingga membutuhkan proses yang panjang serta biaya yang besar. Namun, Momies sendiri juga harus tahu bahwa ada banyak peran penting dari marketing ini, diantaranya adalah:

1. Menciptakan Permintaan  

Membantu untuk menciptakan permintaan produk atau jasa, adanya marketing management ini tidak lain untuk bisa menciptakan permintaan. Bagaimana mungkin nantinya permintaan akan sebuah produk atau jasa akan datang jika seandainya masyarakat atau target market sendiri tidak kenal dengan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Jadi, jika kegiatan marketing berjalan dengan baik, maka nantinya produk jadi lebih dikenal sehingga permintaannya juga akan ikut hadir. Disini perusahaan harus tahu mengenai selera atau apa yang dibutuhkan konsumen, sehingga akan timbul dorongan dari mereka untuk meminta produk tersebut.

2. Meningkatkan Profit

Sebuah perusahaan dibangun tak lain adalah untuk bisa mendapatkan profit atau keuntungan bukan. Karena bukan sebuah perusahaan sosial atau bergerak di bidang non profit. Keuntungan ini juga dibutuhkan untuk bisa terus beroperasi atau agar nantinya tidak sampai bangkrut. Hal ini sangat bergantung pada proses marketing, karena memang tahapan yang satu ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap penjualan produk atau jasa.

3. Menciptakan Pelanggan Baru

Sebuah perusahaan berdiri pada dasarnya untuk bisa menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Jadi konsumen adalah dasar dari berdirinya sebuah bisnis. Konsumen inilah yang memberikan pendapat mengenai produk tersebut. tidak hanya mempertahankan konsumen lama, melainkan perusahaan juga harus menciptakan konsumen yang baru, sehingga penjualan bisa terus meningkat. Menciptakan konsumen baru ini artinya juga harus mengeksplorasi maupun juga mengidentifikasi tentang kebutuhan mereka. Sehingga tahu nantinya produk mana yang mereka ingin gunakan, jadi bisa laku di pasaran.

4. Memberikan Kepuasan Kepada Pelanggan

Produk atau jasa yang bisa memuaskan pelanggan maka berpotensi untuk menciptakan repeat order. Artinya nantinya pelanggan tersebut tidak akan ragu untuk menggunakan produk ini kembali. Mereka yang puas pada dasarnya juga cenderung akan merekomendasikan produk tersebut kepada teman atau keluarganya, sehingga secara tidak langsung perusahaan juga mendapatkan promosi gratis disini.

5. Membangun citra produk menjadi lebih baik

Momies butuh citra produk tampak baik dengan tujuan agar bisa meningkatkan minat konsumen untuk menggunakannya. Jika produk atau jasa yang dibuat berkualitas, artinya tidak mengecewakan konsumen, maka bukan hal yang mustahil nantinya citra yang terbentuk di mata umum juga jadi lebih positif. Citra yang positif ini merupakan salah satu kunci yang akan membantu untuk meningkatkan penjualannya. Selalu usahakan memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai agar konsumen juga selalu puas.

program marketing management pramus eli

Sekarang ini Prasmul-ELI juga membuka kelas pelatihan marketing management yang berkesempatan untuk Momies ikuti. Tak perlu khawatir mengingat program yang satu ini berkualitas langsung ditangani oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya, mengenai biaya pelatihannya juga bersaing dengan yang lain. Momies bisa mendapatkan sertifikasi juga jika seandainya sudah lulus dari sini, bisa digunakan untuk melamar kerja atau meningkatkan kualifikasi diri. Tidak perlu ragu untuk daftarkan diri sekarang juga.
Manda Dea
I live my life a quarter mile at a time

Related Posts

Post a Comment